Minggu, 10 Mei 2015

MOTIVASI



PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Disusun Oleh:
Nama   : Ariny Rizka
NIM    : 11140182000054
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2015

A.    Pengertian Motivasi
Kata motivasi berasal dari bahasa latin movere, yang berarti menimbulkan pergerakan. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. (Mr. Donald : 1950).
Sementara motif ialah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Atau seperti dikatakan oleh Sartain dalam bukunya Psychology Understnding of Human Behavior : motif adalah suatu pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku/perbuatan ke suatu tujuan atau perangsang. Memang pengertian motif dan motivasi keduanya sukar dibedakan secara tegas. Dalam konteks uraian terdahulu dapat dijelaskan bahwa motif menunjukan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang yang menyebabkan orang tersebut mau bertindak melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi adalah “pendorongan” :suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.

B.     Teori-teori Motivasi
1.     Teori dua Faktor Herzberg
Teori ini dikemukakan oleh Frederick Herzberg dengan asumsi bahwa hubungan seorang individu dengan pekerjaan adalah mendasar dan bahwa sikap individu terhadap pekerjaan bias sangat baik menentukan keberhasilan atau kegagalan. (Robbins, 2007).
Herzberg memandang bahwa kepuasan kerja berasal dari keberadaan motivator intrinsik dan bawa ketidakpuasan kerja berasal dari  ketidakberadaan faktor-faktor ekstrinsik
2.     Teori Kebutuhan McClelland
Teori kebutuhan McClelland dikemukakan oleh David McClelland dan kawan-kawannya. Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan, yaitu (Robbins, 2007) :
a.       Kebutuhan pencapaian (need for achievement) : Dorongan untuk berprestasi dan mengungguli, mencapai standar-standar, dan berusaha keras untuk berhasil.
b.      Kebutuhan akan kekuatan (need for pewer) : kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya. 
c.      Kebutuhan hubungan (need for affiliation) : Hasrat untuk hubungan antar pribadi yang ramah dan akrab.

Apa yang tercakup dalam teori yang mengaitkan imbalan dengan prestasi seseorang individu. Menurut model ini, motivasi seorang individu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Termasuk pada faktor internal adalah :
a.     Persepsi seseorang mengenai diri sendiri
b.     Harga diri
c.      Harapan pribadi
d.      Kebutuhan
e.      Keinginan
f.       Kepuasan kerja
g.      Prestasi kerja yang dihasilkan.
Sedangkan faktor eksternal mempengaruhi motivasi seseorang, antara lain ialah :
a.     Jenis dan sifat pekerjaan
b.     Kelompok kerja dimana seseorang bergabung
c.     Organisasi tempat bekerja
d.     Situasi lingkungan pada umumnya
e.     Sistem imbalan yang berlaku dan cara penerapannya.

C.    Jenis-jenis Motivasi
1)    Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal individu dan tidak berkaitan denganb tugas yang sedang dilakukan.
2)    Motivasi intrinsik
Motivasi intrinsik ialah motiovasi yang disebabkan oleh faktor-faktor di dalam diri atau melekat dalamn tugas yang sedang dilakukan. 
3)    Aliran (Flow)
Bentuk tingkat motivasi intrinsik yang tinggi (intens), yang melibatkan ketertarikan yang tinggi dan konsentrasi pada suatu tugas yang menantang. (Csikzentmihalyi 1990, 1996 ; Scweinle, Turner & Meyer 2006)

D.    Motivasi dan Prestasi Belajar Siwa
Motivasi pada umumnya mempertinggi prestasi dan memperbaiki sikap terhadap tugas dengan kata lain, motivasi dapat membangkitkan rasa puas dan menaikkan prestasi sehingga melebih prestasi normal.
Hasil baik dalam pekerjaan yang disertai oleh pujian merupakan dorongan bagi seseorang untuk bekerja dengan giat. Bila hasil pekerjaan tidak diindahkan orang lain, mungkin kegiatan akan berkurang. Pujian harus selalu berhubungan erat dengan prestasi yang baik. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan hasil yang baik, sehingga padanya timbul suatu “sense of succes” atau perasaan berhasil

E.     Usaha Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
a.       Mengoptimalkan Penerapan Prinsip-prinsip Belajar
b.      Mengoptimalkan Unsur-unsur Dinamis dalam Belajar
c.      Mengoptimalkan Pemanfaatan Pengalaman yang Telah Dimiliki Siswa
d.      Mengembangkan Cita-cita atau Aspirasi Siswa
e.      Pergunakan Pujian Verbal
f.       Pergunakan Tes dan Nilai Secara Bijaksana
g.     Membangkitkan Rasa Ingin Tahu dan Hasrat Eksplorasi
h.     Melakukan Hal yang Luar Biasa
i.       Merangsang Hasrat Siswa
j.       Memanfaatkan Apersepsi Siswa

         


1 komentar:

  1. Coin Casino UK Review - Best Online Casinos and Bonuses
    Review of 1xbet korean Coin Casino UK - Discover the UK's top online casino. Get details of the welcome 인카지노 bonus, free 메리트 카지노 고객센터 spins, welcome bonus, games, and more!

    BalasHapus