PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Disusun Oleh:
Nama : Ariny Rizka
NIM : 11140182000054
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2015
A.
Pengertian Motivasi
Kata motivasi
berasal dari bahasa latin movere, yang berarti menimbulkan
pergerakan. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi)
seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai
tujuan. (Mr. Donald : 1950).
Sementara motif
ialah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan
sesuatu. Atau seperti dikatakan oleh Sartain dalam bukunya Psychology
Understnding of Human Behavior : motif adalah suatu pernyataan yang
kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku/perbuatan ke
suatu tujuan atau perangsang. Memang pengertian motif dan motivasi keduanya
sukar dibedakan secara tegas. Dalam konteks uraian terdahulu dapat dijelaskan
bahwa motif menunjukan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang
yang menyebabkan orang tersebut mau bertindak melakukan sesuatu. Sedangkan
motivasi adalah “pendorongan” :suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi
tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan
sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.
B.
Teori-teori Motivasi
1. Teori dua
Faktor Herzberg
Teori ini dikemukakan oleh Frederick
Herzberg dengan asumsi bahwa hubungan seorang individu dengan pekerjaan adalah
mendasar dan bahwa sikap individu terhadap pekerjaan bias sangat baik
menentukan keberhasilan atau kegagalan. (Robbins, 2007).
Herzberg
memandang bahwa kepuasan kerja berasal dari keberadaan motivator intrinsik dan
bawa ketidakpuasan kerja berasal dari ketidakberadaan faktor-faktor
ekstrinsik
2. Teori Kebutuhan
McClelland
Teori kebutuhan McClelland dikemukakan
oleh David McClelland dan kawan-kawannya. Teori ini berfokus pada tiga
kebutuhan, yaitu (Robbins, 2007) :
a.
Kebutuhan pencapaian (need for
achievement) : Dorongan untuk berprestasi dan mengungguli, mencapai
standar-standar, dan berusaha keras untuk berhasil.
b.
Kebutuhan akan
kekuatan (need for pewer) : kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku
sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
c. Kebutuhan
hubungan (need for affiliation) : Hasrat untuk hubungan antar pribadi yang
ramah dan akrab.
Apa yang tercakup dalam teori yang
mengaitkan imbalan dengan prestasi seseorang individu. Menurut model ini, motivasi seorang individu sangat dipengaruhi oleh
berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Termasuk pada
faktor internal adalah :
a. Persepsi
seseorang mengenai diri sendiri
b. Harga diri
c. Harapan pribadi
d. Kebutuhan
e. Keinginan
f. Kepuasan kerja
g. Prestasi kerja
yang dihasilkan.
Sedangkan faktor eksternal mempengaruhi motivasi
seseorang, antara lain ialah :
a. Jenis dan sifat
pekerjaan
b. Kelompok kerja
dimana seseorang bergabung
c. Organisasi
tempat bekerja
d. Situasi
lingkungan pada umumnya
e. Sistem imbalan
yang berlaku dan cara penerapannya.
C.
Jenis-jenis Motivasi
1) Motivasi
Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh
faktor-faktor eksternal individu
dan tidak
berkaitan denganb tugas yang sedang dilakukan.
2) Motivasi
intrinsik
Motivasi intrinsik ialah motiovasi yang disebabkan oleh
faktor-faktor di dalam diri atau melekat dalamn tugas yang sedang dilakukan.
3) Aliran (Flow)
Bentuk tingkat motivasi intrinsik yang
tinggi (intens), yang melibatkan ketertarikan yang tinggi dan konsentrasi pada
suatu tugas yang menantang. (Csikzentmihalyi 1990, 1996 ; Scweinle, Turner
& Meyer 2006)
D.
Motivasi dan Prestasi Belajar Siwa
Motivasi pada
umumnya mempertinggi prestasi dan memperbaiki sikap terhadap tugas dengan kata
lain, motivasi dapat membangkitkan rasa puas dan menaikkan prestasi sehingga melebih prestasi normal.
Hasil baik
dalam pekerjaan yang disertai oleh pujian merupakan dorongan bagi seseorang
untuk bekerja dengan giat. Bila hasil pekerjaan tidak diindahkan orang lain,
mungkin kegiatan akan berkurang. Pujian harus selalu berhubungan erat dengan
prestasi yang baik. Anak-anak harus diberi kesempatan untuk melakukan sesuatu
dengan hasil yang baik, sehingga padanya timbul suatu “sense of succes” atau
perasaan berhasil
E.
Usaha Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
a.
Mengoptimalkan
Penerapan Prinsip-prinsip Belajar
b.
Mengoptimalkan
Unsur-unsur Dinamis dalam Belajar
c.
Mengoptimalkan
Pemanfaatan Pengalaman yang Telah Dimiliki Siswa
d.
Mengembangkan
Cita-cita atau Aspirasi Siswa
e.
Pergunakan
Pujian Verbal
f.
Pergunakan Tes
dan Nilai Secara Bijaksana
g.
Membangkitkan
Rasa Ingin Tahu dan Hasrat Eksplorasi
h.
Melakukan Hal
yang Luar Biasa
i.
Merangsang
Hasrat Siswa
j.
Memanfaatkan
Apersepsi Siswa
Coin Casino UK Review - Best Online Casinos and Bonuses
BalasHapusReview of 1xbet korean Coin Casino UK - Discover the UK's top online casino. Get details of the welcome 인카지노 bonus, free 메리트 카지노 고객센터 spins, welcome bonus, games, and more!